Belum Final

Senin 14-09-2020,09:44 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Budi Harianto

Tanjung Redeb, Disway – Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Berau di Pilkada 2020 sudah disahkan dalam pleno, Minggu (13/9). Terjadi peningkatan dibandingkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, jumlah DPS di Kabupaten Berau sebanyak 160.040 pemilih. Jumlah itu, berdasarkan akumulasi dari 13 kecamatan di Bumi Batiwakkal, dengan DPS paling kecil di Kecamatan Maratua sebanyak 2.534 pemilih, dan terbesar di Tanjung Redeb 45.265 pemilih. Jumlah total tempat pemungutan sementara (TPS) 554 lokasi. (Selengkapnya lihat grafis)

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan, jumlah DPS berdasarkan hasil pendataan melalui pencocokan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemuktakhiran Data Pemilih (PPDP).

Pendataan dengan skema door to door berlangsung sejak 15 Agustus-13 September.

“Data tersebut telah disahkan dalam rapat pleno terbuka hari ini (kemarin, Red). Disaksikan Bawaslu,” katanya kepada Disway Berau, Minggu (13/9).

Namun, data ini belum final dan akan diperbaiki. Rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kabupaten/kota untuk ditetapkan sebagai DPT pada 9-18 oktober. Jika masih ada yang berlum terdaftar, Budi meminta segera melapor ke PPS atau KPU untuk dimasukkan ke dalam daftar pemilih. Sebelum diumumkan pada 28 Oktober-6 Desember, atau tiga hari jelang pemilihan.

“Setelah ditetapkan DPT akan disampaikan kepada instansi atau parpol terkait hasil finalnya,” terangnya.

Tags :
Kategori :

Terkait