Tertibkan Administrasi Kependudukan di Sekolah

Kamis 10-09-2020,10:31 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

DISDUKCAPIL bekerja sama Disdik akan menjalankan program tertib administrasi kependudukan di setiap sekolah.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Berau, dalam melakukan penertiban administrasi kependudukan di seluruh sekolah. Disdukcapil masih menyusun tahapan kerja sama yang akan dijalankan.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji menjelaskan, program kerja sama ini untuk memaksimalkan segala lini dalam mewujudkan sadar administrasi kependudukan.

“Kita masih menunggu saat ini untuk laksanakan program kerja sama,” ujarnya.

Nantinya seluruh sekolah mulai dari PAUD hingga SMP akan ditunjuk satu operator untuk mengurus administrasi kependudukan dari masing-masing siswa. Program ini masih sama yaitu dalam pemanfaatan aplikasi Disdukcapil Berau seperti yang telah dilakukan saat ini di masing-masing kampung.

“Operator ini nanti diberikan kewenangan untuk bisa kolektif. Misalnya di sekolah itu sudah ada operator, tapi tidak bisa mengurus siswa dari sekolah lainnya. Jadi lebih teratur lah,” jelasnya.

Untuk operator telah terdaftar secara resmi Disdukcapil. Tinggal pelaksanaan di lapangan saja yang masih ditunggu. “Nanti untuk sekolah ini kita tidak batasi untuk Akta Kelahiran dan KIA saja.

Bisa diproses apa saja yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. Karena terkadang ada anak sekolah tidak punya akta kelahiran disebabkan dokumen kependudukan orang tuanya. Sehingga semuanya bisa melalui aplikasi itu. Tapi lingkupnya hanya untuk keluarga besar di sekolah itu saja,” tegasnya.

Sebelumnya Disdukcapil juga telah melakukan rapat dengan Disdik untuk rencana ini. “Semua sekolah nantinya mulai negeri dan swasta. Kita tidak bisa langsung ke sekolah, melalui Disdik dulu. Kita harap ini bisa berjalan maksimal. Sehingga target kita dalam tertib administrasi bisa terlaksana,” pungkasnya. HUMAS/APP

Tags :
Kategori :

Terkait