Pertama Kali, Ide Bupati

Rabu 02-09-2020,10:26 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

“Setelah berdiskusi, timbul ide beasiswa ini. Alhamdulillah diapresiasi dan kami diminta seriusin program tersebut,” jelasnya.

Saipul optimistis, beasiswa kuliah dengan jaminan bekerja akan kembali dilaksanakan. Terutama jika jumlah cakupan pelanggan meningkat signifikan, harus diimbangi dengan SDM-nya. Ditambah lagi, sejumlah karyawan akan pensiun.

“Apalagi jika program ini berhasil dan berdampak besar kepada perusahaan, insya Allah akan kami laksanakan. Sehinga pelaksanaan tahun ini, menjadi evaluasi kedepannya,” jelasnya.

Namun, ditambahkan Saipul, tidak menutup perusahaan akan merekrut pendidikan sarjana, terutama tenaga dari bidang tertentu yang bersifat urgen. Tapi, jika berpikir jangka panjang, perlu mengambil tenaga yang memiliki keahlian bidang air minum. Mulai pengelolaan, kehigienisan, perpipaan hingga distribusi air ke pelanggan. Yang terpenting ada dasarnya dulu, tinggal mengembangkan keahlian saja.

“Harapan kami, program ini berhasil. Sehingga, SDM andal yang kami inginkan tercapai. Goal-nya, perumda tidak hanya jadi objek pemasukan daerah, tapi membantu percepatan pembangunan di Berau,” harapnya.

Bupati Berau, Muharram menambahkan, program yang baru pertama kali dilaksanakan ini sebagai bentuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Perumda Batiwakkal kedepannya. Yang nantinya akan menjalankan program pembangunan. Tentu dengan mempersiapkan SDM yang terdidik dan terlatih untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena Perumda Batiwakkal saat ini tidak lagi fokus di perkotaan tapi mencakup seluruh kabupaten. Sehingga diperlukan SDM yang baik dalam mengoptimalkan seluruh jaringan air minum kepada masyarakat,” tegasnya.

Saat ini disampaikannya, total karyawan Perumda Batiwakkal sebanyak 114 orang. Di mana 87 merupakan karyawan tetap, 4 PTT dan 23 outsourching. Dan di tahun 2024 mendatang ada 3 karyawan tetap yang akan pensiun. Sehingga sejak awal harus disiapkan SDM yang unggul dan terdidik sebagai bentuk regenerasi.

“Dengan SDM baik menjadi penentu kesuksesan BUMD ini,” pungkasnya.*/JUN/APP

Tags :
Kategori :

Terkait