Berau Sedang Pendataan

Selasa 01-09-2020,14:33 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Tanjung Redeb, Disway - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kuota gratis kepada murid dan guru, sebagaimana penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kuota gratis berdasarkan surat edaran Kemendikbud dengan nomor surat 8202/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet bagi Peserta Didik. Bantuan yang diberikan sebesar 35 Giga Byte (GB) per bulan untuk siswa dan guru sebesar 42 GB per bulan. Kemudian, mahasiswa dan dosen juga akan diberikan kuota internet sebanyak 50 GB per bulan, selama 4 bulan. (selengkapnya lihat grafis)

Lalu bagaimana dengan Kabupaten Berau?

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, mengaku, terkait kuota gratis telah disampaikan ke seluruh sekolah di Bumi Batiwakkal, yang masih berada di bawah naungan Kemendikbud dan Disdik, untuk memproses bantuan dari pusat langsung.

Lantaran, bantuan kuota bukan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau, tapi anggaran pemerintah pusat. Begitu juga dengan penyaluran yang dilakukan, secara langsung menuju nomor telepon masing-masing penerima kuota.

“Kementerian memaparkan, besaran dana tota yang dialokasikan periode pemberian bantuan September-Desember 2020 yaitu Rp 7,2 triliun, nah untuk khusus Berau sendiri, kami tidak tahu dan tidak ada informasi untuk itu rinciannya,” terangnya kepada Disway Berau.

Suprapto menjelaskan, saat ini sekolah-sekolah sedang melakukan pendataan melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah masing-masing. Itu merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber utama pendidikan nasional.

Melalui Dapodik lah, Kemendikbud akan menyalurkan berapa besaran bantuan yang akan dialokasikan pada siswa dan guru. Sedangkan untuk kondisi kampung yang tidak menggunakan daring, keputusan tersebut semuanya berasal dari pusat. Sebab, dari sistem Dapodik, titik koordinat juga akan masuk dan pusat dapat memilih.

Tags :
Kategori :

Terkait