Siapkan SDM Unggul Perumda Batiwakkal

Selasa 01-09-2020,11:04 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

BUPATI Berau, Muharram membuka ujian beasiswa ikatan dinas Perumda Batiwakkal secara virtual.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Ujian beasiswa ikatan dinas Perumda Batiwakkal yang merupakan kerja sama dengan Akademik Teknik Tirta Wiyata Magelang dimulai. Kegiatan ditandai dengan pembukaan ujian oleh Bupati Berau, Muharram, Senin (31/8) secara virtual.

Direktur Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman menyampaikan, dari pendaftaran yang digelar secara online diperoleh 205 peserta. Dari jumlah tersebut, panitia melakukan seleksi administrasi dan diperoleh 188 peserta lulus. Yang selanjutnya akan mengikuti ujian tertulis.

“Hasil ujian akan kita umumkan secepatnya. Akan ada 10 peserta yang lulus untuk melanjutkan wawancara,” katanya.

Untuk wawancara akan dilakukan pada 15 September 2020. Dan hasilnya akan dipilih lima peserta terbaik untuk mengikuti program beasiswa DIII jurusan teknik lingkungan di Magelang. Dan ditargetkan pada tahun 2023 kelima peserta lulus dan langsung bekerja di Perumda Batiwakkal. “Kita harap bisa mendapatkan SDM yang berkualitas,” ujarnya.

Bupati Berau, Muharram menambahkan, program yang baru pertama kali dilaksanakan ini sebagai bentuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Perumda Batiwakkal kedepannya. Yang nantinya akan menjalankan program pembangunan. Tentu dengan mempersiapkan SDM yang terdidik dan terlatih untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena Perumda Batiwakkal saat ini tidak lagi fokus di perkotaan tapi mencakup seluruh kabupaten. Sehingga diperlukan SDM yang baik dalam mengoptimalkan seluruh jaringan air minum kepada masyarakat,” tegasnya.

Saat ini disampaikannya, total karyawan Perumda Batiwakkal sebanyak 114 orang. Di mana 87 merupakan karyawan tetap, 4 PTT dan 23 outsourching. Dan di tahun 2024 mendatang ada 3 karyawan tetap yang akan pensiun. Sehingga sejak awal harus disiapkan SDM yang unggul dan terdidik sebagai bentuk regenerasi.

“Dengan SDM baik menjadi penentu kesuksesan BUMD ini,” pungkasnya.

Dalam program beasiswa ini, Perumda Batiwakkal menanggung biaya transportasi pesawat, pemberangkatan pertama dari Berau ke Magelang dan kepulangan terakhir dari Magelang ke Berau. Biaya pendidikan selama kuliah selama enam semester, biaya asrama selama tiga tahun dan biaya penunjang pendidikan. HUMAS/APP

Tags :
Kategori :

Terkait