PKS Umumkan Bacalon Usungan untuk 8 Daerah di Kaltim

Sabtu 29-08-2020,23:17 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan bakal calon (bacalon) usungannya untuk 8 pilkada di Kalimantan Timur. Yaitu Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kukar, Paser, Kutim, Berau dan Kubar.

Pengumuman sekaligus penyerahaan surat keputusan (SK) usungan berlangsung di Hotel Harris Samarinda, Jalan Untung Suropati, Sabtu (29/8/2020).

"Kita punya hasil survei. Dia (bacalon) harus memiliki popularitas dan elektabilitas, di daerahnya masing-masing. Itu hasil survei baik dari mereka, internal (PKS) dan survei-survei yang ada," kata Sekretaris Umum DPW PKS Kaltim, Arif Kurniawan, menjelaskan alasan partainya memilih para bacalon untuk diusung.

Pertimbangan lain, partainya memilih para bacalon usungan, karena mereka telah memiliki dukungan dari partai, dan telah memenuhi syarat, 20 persen dari jumlah kursi di DPRD. "Kita syaratkan, perahu (dukungan partai yang mencukupi). Jangan ada keinginan, tapi perahu enggak ada," tambahnya.

Hanya bacalon Mahulu yang tak diumumkan. Karena memang PKS tak mengeluarkan usungan. Alasannya, karena di Mahulu, PKS tak memiliki kursi di DPRD. Pihaknya, lanjut Arif, optimistis. Partainya akan maksimal dalam hal memberi dukungan.

Disinggung soal beralihnya banyak kader PKS ke Partai Gelora, kata Arif, Itu tak masalah. Tak akan mengurangi militansi PKS dalam memberi dukungan untuk pemenangan. "Insya Allah, PKS militan. Solid. Kemudian ada teman-teman yang membuat perahu, silakan," tegasnya.

Arif, dalam kesempatan itu juga menanggapi soal protes ormas Islam atas sikap PKS pada Pilkada Balikpapan, Jumat (28/8/2020).

"Kita menghargai teman-teman. Tapi itu calonnya bukan dari (kader) PKS. Pak Rahmad sendiri yang berkomunikasi dengan partai-partai lain. Tidak bisa kita memaksakan Pak Rahmad. Karena beliau sebagai pengantinnya. Kita ini sebagai pengiringnya,"ujarnya. (sah/dah)

Berikut usungan PKS di 8 daerah di Kaltim yang menggelar pilkada:

Balikpapan: Rahmad Mas'ud-Thohari Aziz

Samarinda: Andi Harun-Rusmadi Wongso

Bontang: Neni Moerniaeni-Joni Muslim

Kukar: Edi Damansyah-Rendi Solihin

Paser: Sulaiman Eva Merukh-Ikhwan Wirawan

Kubar: FX Yapan-Edyanto Arkan

Tags :
Kategori :

Terkait