BLT Tahap 3 Tunggu Putusan Bupati

Rabu 26-08-2020,11:01 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Bupati Berau, Muharram menyerahkan BLT di Kampung Tumbit Dayak, beberapa waktu lalu (Dok Humas Pemprov Kaltim)

TANJUNG REDEB, DISWAY - Calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 3 di Berau sebanyak 37 ribu. Sesuai data di Dinas Sosial (Dinsos) Berau. BLT tahap 3 dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Berau.

Tahap pertama penerima BLT 22 ribu, dan tahap kedua 34 ribu orang.

“Peningkatan penerima sesuai dengan keadaan di lapangan. Setelah dilakukan pendataan di masing-masing RT,” jelas Kepala Dinas Sosial Berau, Totoh Hermantoh, Selasa (25/8).

Bantuan yang akan diterima Rp 300 ribu per orang. Berkurang dibanding tahap 1 dan 2. Tahapan 1 sebesar Rp 750 ribu dan kedua Rp 600 ribu.

Terkait kapan BLT disalurkan, pihaknya belum memastikannya. Totoh mengaku hanya mendata. Keputusan sesuai dengan surat keputusan Bupati Berau.

Menurut Totoh, penyaluran tahapan ke 3 memerlukan waktu yang lebih panjang. Karena jumlah penerima lebih banyak.

“Data yang tercatat kebanyakan korban PHK dan karyawan yang dirumahkan. Jadi bukan karena mereka masyarakat kurang mampu. Hanya mereka terkena dampak COVID-19,” jelasnya.

Sedangkan bantuan untuk keluarga miskin atau penerima bantuan. menurut data DTKS terpadu sekira 7.000 orang. Mereka mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial dengan besaran bantuan yang sama. Yaitu Rp 300 ribu hingga Desember 2020. (RAP)

Tags :
Kategori :

Terkait