Kayuh Peluang Jasa Antaran

Selasa 25-08-2020,14:40 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

-

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Pasti Anda pernah menonton film Premium Rush. Dan pasti ikut merasakan sensasi serunya mengayuh sepeda di tengah kemacetan jalanan penuh kendaraan bermotor.

Film tersebut dibintangi Josep Gordon Levitt. Yang menceritakan seorang kurir sepeda andal di Kota New York. Nyatanya profesi tersebut bukan hanya di film saja. Di Samarinda tepatnya, kurir sepeda juga ada. Hadir memberikan pelayanan sekaligus mengampanyekan gerakan go green.

Dengan menggunakan jenis sepeda fixie, Rainaldi, pendiri komunitas Kurir Sepeda SMR menawarkan jasanya dengan harga yang terbilang murah meriah. Yakni hanya lima ribu rupiah dengan jarak tempuh minimal 5 kilometer. "Patokannya minimal segitu, lalu untuk penambahan jarak misalnya 6 kilometer, nambah seribu jadi Rp 6 ribu," ucapnya, Minggu (23/8).

Komunitas kurir sepeda ini baru terbentuk pertengahan Agustus ini. Anggotanya pun baru tiga orang. "Kurirnya termasuk saya juga, anggapannya sama-sama," tambahnya.

Beberapa barang yang diantarkan adalah kosmetik, makanan, surat-menyurat. Tapi tidak dengan minuman. Karena estimasi waktu dan jarak yang sudah diperkirakan.

Sebelum mengambil paket yang akan diantarkan, kurir akan menanyakan jenis barang apa yang ingin dikirimkan. Tujuannya karena ingin memuaskan customer yang menggunakan jasanya.

"Tanggapan dari masyarakat sih macam-macam, cuma masih ada yang mengambil pandangan sebelah mata karena soal kecepatan saja sih. Terus estimasi waktunya juga," jelasnya.

Garansi pun diberikan pada barang titipan pelanggan. Jika ada kerusakan pada barang yang dikirimkan, akan diganti seratus persen.

Riset dan studi pun mereka lakukan sebelum mendirikan komunitas ini. Baik dari jarak dan estimasi waktunya sudah diperhitungkan. Dari situlah komunitas ini menentukan parameter harga yang dipasang. "Kendala kita di lapangan lebih ke kemacetan, terus riuhnya jalanan juga, kayak mobil yang enggak mau ngalah," terang Rainaldi.

Diakuinya, untuk mengambil orderan kurir, biasanya customer menghubungi lewat akun sosial media Instagram. Dengan nama akun yang sama seperti nama komunitas mereka, yakni Kurir Sepeda SMR.

"Kami angkat makanan lokal, minuman lokal. Nah, untuk orderan, kita bisa lewat Instagram, WhatsApp, atau bisa juga chat via DM (Direct Message)," ucapnya.

Harapan Rainaldi, ia ingin betul-betul mempopulerkan Kurir Sepeda SMR. Khususnya di Kota Tepian. Pandangan miring masyarakat pun ingin ia hapuskan.

"Kita juga mengampanyekan go green. Rider-rider kami memang baru tiga orang tapi untuk yang ingin bergabung itu banyak. Cuma tidak untuk sekarang, karena kita merasa dengan tiga orang anggota ini masih bisa mem-backup semuanya," bebernya.

Tags :
Kategori :

Terkait