PMDN Dominan

Kamis 20-08-2020,20:21 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Supratman

Tanjung Redeb, Disway – Di tengah pandemi COVID-19, investasi di Bumi Batiwakkal masih tumbuh positif. Bahkan kuartal I tahun 2020, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tertinggi se Kalimantan Timur (Kaltim).

Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Berau, sepanjang kuartal II tahun 2020, realisasi investasi tetap berjalan positif untuk PMDN sebesar Rp 1,34 triliun, dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 2,864 juta dolar AS. Keduanya mengalami peningkatan dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun 2019.

Sedangkan PMDN kuartal II tahun 2019 sebesar Rp 954 miliar dan PMA hanya mencapai 1,37 juta dolar AS. Realisasi PMDN triwulan II menjadi yang tertinggi ke-2 dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, Balikpapan diurutan ke-1. Sedangkan realisasi PMA Berau urutan ke-8. Balikpapan dan Bontang masih mengungguli. (selengkapnya lihat grafis)

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemantauan Investasi Penanaman Modal DPMPTSP Berau, Supratman menyebut, pencapaian realisasi investasi berdasarkan dari perhitungan laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) online tahun 2020. Sementara itu, PMA di kuartal II pun ikut meningkat dibandingkan PMA pada kuartal I 2020.

Lanjutnya, realisasi kuartal I PMA sebesar 1,6 juta dolar AS, dan PMDN sebesar Rp 1,88 triliun, dan menjadi yang tertinggi di Kaltim. Jika dibandingkan PMDN-nya, untuk kuartal II PMDN Berau, mengalami penurunan.

“Masih ada harapan untuk realisasi investasi di kuartal selanjutnya.

Sebelumnya saya pikir akan jatuh sekali hasilnya, karena pandemi,” ungkapnya kepada Disway Berau, Rabu (19/8). .

“Perusahaan besar banyak yang memilih untuk efisiensi, dan belum berani berinvestasi lebih. Tapi nyatanya PMA masih bisa naik,” sambung Supratman.

Tags :
Kategori :

Terkait