PMI Bentuk Relawan Kampung di Maratua

Selasa 18-08-2020,12:02 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

WAKIL Bupati Berau Agus Tantomo, selaku ketua PMI membuka dan memberikan arahan pada sosialisais new normal serta pembentukan relawan kampung dan pembina PMR di Kecamatan Maratua.

Tanjung Redeb, Disway – Pengurus Parang merah Indonesia bersama Relawan di Pulau Maratua, menggelar sosialisasi new normal dirangkai pembentukan relawan kampung dan pembina Palang Merah Remaja (PMR) yang dipusatkan di pendopo kecamatan Maratua, Jumat (14/8).

Sosialisasi ini dihadiri dan dibuka Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, selaku ketua PMI Kabupaten Berau.

Dalam kesempatan itu, Wabup Agus Tantomo meminta kepada para relawan Palang Merah Indonesia yang ada di Kecamatan Maratua bisa bermanfaat bagi masyarakat. Di hadapan relawan PMI, memberikan pemahaman terkait COVID-19 yang masih mewabah saat ini.

Relawan PMI jadi garda terdepan membantu memutus penyebaran COVID-19. "Bukan hanya soal mendonor darah, tapi itu hanya salah satu kegiatan PMI, banyak kegiatan, di antaranya ketika ada bencana kami selalu ada di depan. Bencana apa saja termasuk COVID-19. PMI terus melakukan penyemprotan disinfektan di mana saja diumumkan ada terpapar, termasuk fasilitas publik juga kami semprot," ungkapnya.

Lebih Lanjut, Wabup Agus Tantomo, mengungkapkan alasan dibentuknya relawan PMI di setiap kecamatan se Kabupaten Berau, dengan harapan semakin memperkuat peran PMI di tengah masyarakat. Salah satu terobosan yakni membentuk PMI di kecamatan tidak semata dibentuk, tetapi juga beri pelatihan dan anggaran.

“Kami menyadari bahwa PMI kabupaten tidak hanya di Tanjung Redeb tetapi wilayah kerja kami juga di kecamatan sehingga kami bentuk di setiap kecamatan," jelasnya.

Terkait penerapan new normal sendiri, Agus Tantomo mengapresiasi apa yang dilakukan di Kecamatan Maratua. Namun dengan suasana pandemi yang masuk tahap new normal pengetatan yang dilakukan di setiap kampung tak lagi efektif.

Akan tetapi dengan pola hidup baru menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin untuk memutus penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

Kehadiran Wakil Bupati dan sejumlah relawan PMI Kabupaten Berau itupun disambut baik Camat Maratua Marsudi. Ia menyampaikan apresiasi atas kehadiran relawan PMI tersebut. "Palang merah sangat bermanfaat terlebih jika ada masyarakat yang butuh darah palang merah bisa hadir.

Kehadiran PMI di Kecamatan ini menyangkut hajat hidup orang banyak termasuk kami masyarakat Maratua," tandasnya. HUMAS/APP

Tags :
Kategori :

Terkait