Perseorangan di Ujung Tanduk

Selasa 18-08-2020,10:46 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Faridil Murad - Mansur Anwar (kanan)

Tanjung Selor, Disway – Langkah pasangan bakal calon independen atau perseorangan Pilbup Bulungan, Faridil Murad – Masnur Anwar, berada di ujung tanduk.

Sebab, banyak liaison officer (LO) dari pasangan bakal calon perseorangan itu, tidak aktif. Ketika dilakukan verifikasi faktual terhadap 6.319 dukungan perbaikan. Terutama di Kecamatan Peso dan Peso Hilir.

Akibatnya, banyak pendukung pasangan bakal calon sesuai data yang memenuhi syarat dari KPU, tidak dihadirkan oleh LO ke lokasi verifikasi faktual. “LO kabupaten aktif saja. Yang kecamatan mayoritas tidak aktif,” kata Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani, Senin (17/8).

Karena itu, dari 6.319 syarat dukungan perbaikan yang memenuhi syarat untuk verifikasi faktual, hanya sekitar 25 persen yang dihadirkan ketika verifikasi faktual.

Bahkan, Lili menyebut, hingga batas akhir verifikasi faktual pada 16 Agustus lalu, sejumlah desa ada yang tidak menyetorkan hasil verifikasi faktual. Seperti di Kecamatan Tanjung Palas dan Tanjung Selor.

“Kami sebenarnya sudah sampaikan kepada pasangan bakal calon, untuk bisa berperan aktif mendorong LO di kecamatan lebih aktif. Tapi ternyata, hanya beberapa LO yang benar-benar aktif. Selebihnya tidak ada,” ujar Lili Suryani.

“Bahkan, ada di salah satu desa yang menurut data, sekitar 100 pendukung ternyata yang dihadirkan hanya 20-30 saja,” tambahnya.

Karena itu, hasil sementara dari verifikasi faktual, Faridil Murad - Masnur Anwar berpotensi tidak lolos sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Bulungan. Namun demikian, Lili Suryani mengatakan, keputusan akhir baru bisa diketahui saat pleno di tingkat kabupaten.

Menurutnya, usai rekapitulasi di tingkat desa, petugas verifikasi faktual tengah melakukan rekapitulasi tingkat kecamatan. Di mulai 17 - 20 Agustus.

Nantinya, 21 Agustus rekapitulasi tingkat kabupaten digelar, sekaligus penetapan apakah pasangan bakal calon jalur perseorangan lolos, untuk berkompetisi di Pilbup Bulungan 2020.

Sebelumnya, Faridil Murad - Masnur Anwar harus mengumpulkan 9.596 dukungan. Untuk bisa maju melalui jalur perseorangan atau nonpartai.

Namun, dari 10.071 syarat dukungan yang disetor ke KPU, hasil verifikasi faktual hanya 5.817 dukungan yang memenuhi syarat. Dan, masih kurang 3.779 dukungan.

Di masa perbaikan, pasangan Faridil Murad – Masnur Anwar kembali menyetorkan 8.085 dukungan. Dari jumlah itu, yang sesuai dengan formulir Model B1-KWK perseorangan sebanyak 7.830 dukungan.

Akan tetapi, yang memenuhi syarat untuk diverifikasi faktual hanya sebanyak 6.319 dukungan. */ZUH/REY.

Tags :
Kategori :

Terkait