Ancaman Golput

Rabu 12-08-2020,08:59 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Budi Harianto

Tanjung Redeb, Disway – Mahasiswa Berau yang menempuh pendidikan di luar daerah, terancam jadi golongan putih (golput) di Pilkada 2020. Hal itu menjadi kekhawatiran Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Budi Harianto.

Menurut Budi, golput bisa saja terjadi. Apabila mahasiswa yang kuliah di luar daerah tersebut, berhalangan pulang ke Berau. Apalagi, pandemik COVID-19 di berbagai daerah belum mereda.

“Sementara pemilihan harus dilakukan di Berau, karena ini adalah Pilkada. Jika saat pemilihan nanti tidak datang, tentu tidak bisa memilih, dan jadi golput,” ungkapnya kepada Disway Berau.

Hingga kini, belum ada petunjuk teknis guna mencari solusi, bagi mahasiswa yang tidak bisa kembali ke Berau, tetap dapat memilih di daerah tempatnya kuliah.

“Kami juga tidak punya sistem atau perwakilan di luar daerah, dan juga tidak ada juknis (petunjuk teknis) yang mengatur.

Jadi memang, mereka yang kuliah di luar daerah harus datang ke Berau saat pemilihan nanti,” tegas Budi.

Budi berpesan, kepada mahasiswa yang kuliah di luar daerah, diharapkan dapat kembali pada 9 Desember mendatang, guna memilih langsung calon kepala daerah.

“Selama mahasiswa tersebut memiliki KTP-el, secara otomatis datanya sudah terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap),” ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait