Bawaslu Wanti-Wanti

Selasa 11-08-2020,11:15 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Syaifudin

Tanjung Selor, Disway - Verifikasi faktual dukungan perbaikan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bulungan dari jalur perseorangan, mendapat perhatian serius Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulungan.

Karena menurut komisioner Bawaslu Bulungan, Syaifudin, dalam proses itu ada indikasi kerawanan permainan dengan melibatkan petugas verifikasi faktual dan pihak LO, atau pasangan bakal calon.

Kata Syaifudin, beberapa potensi kerawanan yang mungkin terjadi. Misal, pihak LO dan penyelenggara bermain dalam hal pengaturan dukungan di lapangan. Seperti mengubah data verifikasi faktual dari yang semula warga tersebut tidak mendukung, bisa berubah menjadi mendukung.

“Jika itu terjadi, pasti ada faktor eksternal yang terlibat. Ini yang selalu diwanti-wanti, agar tidak dilakukan para penyelenggara,” ujarnya, Senin (10/8).

“Pengawas pemilu kami, sudah menginstruksikan untuk on call dan siap mengawasi dengan baik proses verifikasi faktual ini sampai tuntas. 16 Agustus nanti,” sambungnya.

Ia juga mengingatkan, agar pasangan bakal calon tidak menggoda petugas verifikasi faktual, dan pengawas pemilu dengan uang, atau bentuk gratifikasi lain, demi kepentingan politik.

“Kami dari pengawas pemilu, ingin memastikan perjalanan verifikasi faktual hasil perbaikan berjalan sesuai dengan ketentuan. Baik itu yang dilakukan penyelenggara, dalam hal ini PPS, ataupun dari pihak penghubung pasangan calon,” katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait