Seperti dalam Pesawat

Senin 10-08-2020,09:25 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Speedboat BMJ 03 pilihan terbaik untuk liburan ke Maratua, dan Derawan dengan fasilitas yang mumpuni.

Tanjung Redeb, Disway – Koperasi Berau Marine Jaya (BMJ) yang berada di bawah Forum Komunitas Matirim Berau, melakukan uji coba speedboat BMJ 03, belum lama ini.

Ketua Forum Komunitas Maritim Berau, Hasanul Haq Batubara mengatakan, pengujian speedboat ini merupakan kali pertama. Yang diikuti sekira 20 penumpang, terdiri dari anggota Forum Komunitas Maritim Berau, Danpom, Danpos AL, awak media, dan Kadin.

“Kami ingin mengajak juga beberapa pejabat. Hanya saja, mungkin terkendala dengan waktu. Sehingga tak bisa hadir,” ujarnya kepada Disway Berau, Sabtu (8/8).

Uji coba ini mengambil dua rute. Rute pertama menuju Pulau Maratua. Waktu tempuh untuk sampai ke Pulau Maratua, sekira 2 jam 30 menit.

Sementara, untuk ke Pulau Derawan, hanya 1 jam 45 menit.

“Sangat memuaskan. Efesiensi waktu sangat kami rasakan di sini,” katanya.

Untuk kelajuan speedboat itu, kata dia, berada pada rata-rata 30 knot. Atau 1,8 Kilometer per jam. Dalam uji coba itu, pihaknya mendapati beberapa kendala. Yakni, banyaknya sampah yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) menuju muara.

“Itu saja kendalannya. Kemarin ada kantung plastik yang menutupi pembuangan mesin. Jadi alarm berbunyi. Selebihnya aman,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya mengaku tak ada masalah lain. Walaupun ombak cukup tinggi, tak menjadi masalah.

“Mungkin kalau menggunakan speedboat kecil, ombak itu akan sangat terasa. Tapi beruntungnya kami pakai speedboat cukup besar,” tegasnya.

Dalam uji coba itu juga, pihaknya mengevaluasi apa saja kekurangan dari speedboat tersebut. Menurutnya, akan ada sedikit penambahan interior di dalam speedboat itu.

“Akan kami tambahi soundsystem. Agar suara dari Televisi itu kedengaran.

Oh iya, selama perjalanan, penumpang bisa menonton TV atau mendengarkan musik juga,” bebernya.

Tags :
Kategori :

Terkait