Pemimpin Harus Belajar dari Pengalaman

Rabu 05-08-2020,11:37 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Gubernur Dr H Irianto Lambrie membuka PKP angkatan IV dan V di lingkungan Pemprov Kaltara, Selasa (4/8).

Tanjung Selor,Disway – Gubernur Dr H Irianto Lambrie membuka pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) angkatan IV dan V di lingkungan Pemprov Kaltara, Selasa (4/8) pagi.

Dalam sambutannya, Gubernur memaparkan bahwa sesuai undang-undang, jabatan di pemerintahan dibagi 2. Yakni jabatan struktural dan jabatan fungsional.

“Pengalaman menunjukkan, sebagian besar ASN, PNS, umumnya sangat berminat untuk duduk dalam jabatan struktural. Kecuali mendekati masa pensiun, baru beralih ke jabatan fungsional,” kata Gubernur.

Jabatan struktural diidamkan. Sebab, saat seorang menduduki jabatan struktural, akan merasa jadi pemimpin, karena memiliki bawahan atau staf.

“Pertanyaan sederhananya, apakah setiap PNS bisa memimpin? Karena pemimpin dan bos, itu berbeda implementasinya. Dan, sebagian orang yang ingin menjadi pemimpin, tanpa mengukur dirinya. Bahkan, terkadang ada yang menghalalkan segala cara,” ujarnya.

Menurutnya, PKP adalah kewajiban seseorang ASN/PNS untuk menduduki jabatan struktural pengawas.

“Secara ideal, seorang ASN/PNS memang harus mengikuti diklat pengawas baru duduk di jabatan tersebut. Namun, ada juga yang beruntung dapat menduduki jabatan sebelum mengikuti diklat seperti ini. Baik diklat pengawas, maupun administrator,” ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait