SKK Migas Kalsul Gelar Webinar Pendidikan

Selasa 04-08-2020,09:19 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Prosesi pelaksanaan Webinar Sesi 2 yang dilaksanakan SKK Migas Kalsul pada Kamis (30/7). (Istimewa)

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com - Pada masa pandemi COVID-19, cara belajar di dunia pendidikan mengalami transformasi. Sejak Maret 2020, sistem pembelajaran siswa mulai dilakukan secara daring atau jarak jauh. Atas penerapan sistem ini, ternyata masih banyak pihak yang tidak siap menghadapi perubahan secara drastis tersebut.

Guna membedah dan mencari solusi permasalahan tersebut, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) menggelar Webinar Sesi 2 pada Kamis (30/7) lalu.

Dalam webinar ini, SKK Migas mengangkat topik “Solusi Kegiatan Belajar secara Daring untuk Wilayah yang Memiliki Keterbatasan Sarana dan Prasarana”.

Dalam kegiatan tersebut, SKK Migas menghadirkan tiga narasumber yang merupakan praktisi pendidikan. Salah satunya Ir. Lendo Novo (Founder Sekolah Alam) yang menyampaikan topik Konsep Dasar Pembelajaran Jarak Jauh.

Lendo mengatakan, pandemi ini dapat diambil sisi positifnya. Dengan melihat pendidikan bagi anak. Yang dikembalikan kepada peran orang tua.

Kata dia, pembelajaran secara daring/pembelajaran jarak jauh (PJJ) bukan memindahkan pekerjaan rumah dengan tugas-tugas sekolah ke rumah.

“Ke depan pendidikan itu mengarah pada pembelajaran jarak jauh. Sehingga situasi ini menjadi pengalaman kita untuk menuju ke arah tersebut,”papar Lendo.

Sedangkan narasumber Jalu Pradhono (Direktur Edubox) memaparkan bagaimana pembelajaran jarak jauh tanpa menggunakan koneksi intenet.

Edubox adalah aplikasi berbasis web yang terdiri dari aplikasi ujian, tugas, dan materi dalam jaringan lokal. Tanpa tergantung kepada akses internet. Saat ini penerapan sistem PJJ, masih banyak daerah yang tidak mendapat layanan internet. Sehingga siswa dan guru harus mencari tempat yang memiliki sinyal.

Melalui aplikasi Edubox Go yang ditawarkan, dapat diterapkan sekolah digital tanpa jaringan internet. Pada 2019, Edubox yang memungkinkan siswa aktivitas kelas seperti belajar mengerjakan tugas dan ujian secara jarak jauh.

Pada 2020, apliksi ini telah diunduh sebanyak 100.000 kali dan digunakan untuk try out UNBK jarak jauh di Jawa Barat.

“Edubox bisa dipasang di sekolah, kantor desa yang dengan mudah. Dapat diakses siswa. Tanpa jaringan internet,” ungkap Jalu.

Secara prinsip, Edubox dapat diterapkan di daerah-daerah remote area atau tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Sebagai pembelajaran jarak jauh tanpa internet.

Sedangkan pemateri Donny Prayudi (Dir. NUEFA Digital Campus) memaparkan Konten Pembelajaran Jarak Jauh.

NUEFA Digital Campus adalah sebuah platfrom sistem pembelajaran digital yang memungkinkan semua orang dapat menimba ilmu sesuai dengan kebutuhannya tanpa terkendala oleh ruang dan waktu.

Tags :
Kategori :

Terkait