Jembatan Harapan

Minggu 02-08-2020,14:01 WIB
Reporter : Yoyok Setiyono
Editor : Yoyok Setiyono

Dalam beberapa pertemuan,  KSOP menghendaki ketinggian jembatan antara 65 meter sampai 70 meter berdasarkan tinjauan teknis. Namun Satgas IKN telah mengeluarkan surat persetujuan tertanggal 26 Mei 2020 untuk bisa dilanjutkan. “Karean itu kami bertahan di ketinggian 50 meter,”

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengusulkan Pertamina, menunjuk koordinator lantaran banyaknya bagian yang menyulitkan komunikasi. “Sekarang tidak ada kordinator, ada Pertamina Pemasaran, Aset, RU V, Kilang, banyak sekali. Secara organsiasi perlu diatur kembali supaya korordinator lebih mudah,” ujarnya.

Rizal Effendi membenarkan soal persetujuan KSOP yang masih menjadi ganjalan. Ketika mendampingi Menteri PUPR dan Presiden,  soal ketinggian akan dievaluasi karena masih ada keberatan dari masyarakat pelayaran.

Sementara jika ditinggikan, dapat mengganggu penerbangan. “Sehingga tidak ketemu. Sampai kemudian disinggung lokasinya dimundurkan ke arah hulu sungai,” kata Rizal.

Soal kemungkinan menyambung Coastal Road dengan jembatan tol, wali kota menyatakan ketertarikannya. “Karena ada pelabuhan Pertamina dan aset lainnya, dulu Coastal Road dirancang hanya sampai Lapangan Merdeka,” jelasnya. 

Mendorong Pertumbuhan

Awang Faroek menyoroti secara khusus soal persetujuan KSOP. Ia menjelaskan jembatan tol sudah disetujui cukup 50 meter dalam rapat terbatas dengan Presiden dan Menteri PUPR. Karena itu, ia meminta KSOP tidak lagi ngotot menambah ketinggian.

“kapal sebesar apapun bisa lewat dengan ketinggian 50 meter. Kita juga revisi pylon dari empat menjadi dua saja,” jelas Awang lagi. Konsorsium juga akan menggunakan arsitek dari Singapura. Ia berharap Kaltim segera memiliki jembatan tol seperti Denpasar.

Ia meminta KSOP tunduk dengan keputusan gubernur. “Tulis besar-besar jembatan tol hanya 50 meter. Saya ke Istanbul, Rotterdam, Hamburg tidak ada yang lebih. Akal-akalan saja. Persaingan bisnis, saya sudah tahu,” kata Awang lagi.  

Jembatan tol menurut Awang Faroek akan memperkuat posisi IKN dengan daerah penyangga, maupun Kalimantan secara umum. Ia bilang, banyak yang berharap jembatan ini seger direalisasikan. (fey)

Tags :
Kategori :

Terkait