Hari Pertama 919 Ekor

Sabtu 01-08-2020,09:32 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

BUPATI Berau Muharram secara simbolis menyerahkan sapi kurban kepada pengurus Masjid Agung Baitul Hikmah.

Tanjung Redeb, Disway – Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tahun ini berbeda, protokol kesehatan diterapkan akibat COVID-19. Pada hari H, sebanyak 919 ekor hewan disembelih di Bumi Batiwakkal.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Berau, Datu Kesuma mengatakan, ratusan ekor tersebut dipotong merata di seluruh wilayah Bumi Batiwakkal.

“Seperti tahun sebelumnya, dalam momen Iduladha ditandai dengan pemotongan hewan kurban. Pemotongan dilakukan di sekitar lingkungan masjid yang telah ditentukan oleh PHBI setempat, atau tempat lain yang aman,” jelasnya, Jumat (31/7).

Hewan kurban yang diserahkan ke sejumlah PHBI, baik itu di kampung maupun di Kota Tanjung Redeb, tidak hanya dari peternak lokal. Juga didatangkan dari luar daerah, seperti Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Diakui Datu Kesuma, suasana Lebaran Iduladha tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, akibat adanya pandemik COVID-19. Sehingga, semua hewan kurban yang akan dipotong lebih dulu diperiksa secara intensif oleh petugas kesehatan hewan. Dalam hal ini adalah, Dinas Pertanian Peternakan (Dispertan) Berau.

“Kalau terkait kesehatan hewan itu sudah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan dari Dispertan. Jadi sapi yang akan dikurbankan, harus sehat, dan layak konsumsi.

Pengawasan kesehatan kurban sangat diperhatikan,” terangnya.

Tags :
Kategori :

Terkait