Tak Ada Lagi

Rabu 29-07-2020,09:55 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Infografis

Tanjung Redeb, Disway - Juli 2020, 8 kampung di Kabupaten Berau meningkat menjadi berstatus mandiri, dan tidak ada lagi kampung yang berstatus sangat tertinggal.

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Ilyas Natsir, sesuai dengan indeks kampung membangun, kampung yang berstatus mandiri di Kabupaten Berau sejak 2019 yaitu hanya Kampung Labanan Makmur.

Di 2020, 7 kampung naik status menjadi kampung mandiri. Yakni, Kampung Sukan Tengah, Bebanir Bangun, Labanan Jaya, Tanjung Batu, Talisayan, Gurimbang dan Batu Putih.

Sementara itu, 29 kampung berstatus maju, 63 kampung berstatus berkembang dan hanya 1 kampung tertinggal. Satu kampung tertinggal adalah Kampung Mapulu, di Kecamatan Kelay. (lihat grafis)

Menurut Ilyas, status kampung dipengaruhi 3 nilai indikator indeks kampung membangun. Yaitu indeks ekonomi, sosial dan lingkungan, jika dapat memenuhi 3 indeks tersebut maka bisa naik kelas.

“Untungnya di Kabupaten Berau tidak ada yang berstatus sangat tertinggal,” imbuhnya, Kamis (16/7).

Peningkatan status kampung, diakuinya, belum naik secara signifikan melihat beberapa upaya yang harus beriringan. Sebab, tidak mudah untuk meningkatkan 3 nilai indeks tersebut.

Terlebihnya pada indeks ekonomi. Rerata warga kampung masih sulit untuk mengelola tatanan ekonomi, meskipun terdapat Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) maupun potensi kampung yang bisa diolah menjadi bernilai ekonomi. Selain itu, indeks ekonomi pun dapat dilihat dari daya beli masyarakat.

Tags :
Kategori :

Terkait