TCM Segera Dioperasikan

Senin 27-07-2020,11:54 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Aktivitas pelayanan rapid test di RSD dr H Soemarno Sosroatmodjo, belum lama ini.

Tanjung Selor, Disway - Rumah Sakit dr H Soemarno Sosroatmodjo, Tanjung Selor tetap menyiapkan laboratorium tes cepat molekuler (TCM) Agustus mendatang.

Direktur RSD dr H Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, Surya Tan mengungkapkan, Agustus cartridge dapat segera digunakan. Saat ini masih tahap pengiriman.

"Sekarang tinggal menunggu cartridge. Kalau sudah ada cartridge, TCM bisa langsung beroperasi," ujarnya, Minggu (26/7).

Selain menunggu kedatangan cartridge, untuk sumber daya manusia (SDM) yang mengoperasikan TCM juga sudah tidak ada masalah. Lalu untuk alat biosafety cabinet (BSC) juga sudah diinstal. Nantinya, ketika TCM beroperasi maka uji swab tidak lagi dilakukan di Tarakan.

"Kalau beroperasi uji swab cukup dilakukan di RSD Tanjung Selor. Kita juga tidak perlu menunggu lama hasil uji swab keluar. Hitungan jam sudah bisa dilihat hasilnya," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bulungan, Sudjati mengatakan, dengan beroperasinya TCM ini maka pasien dengan kondisi menyerupai gejala COVID-19 dapat segera diketahui apakah positif virus corona atau tidak.

“Kalau sekarang ini kan kita harus menunggu sampai 20 hari baru keluar uji swab. Dengan beroperasinya TCM ini maka hasil akan lebih cepat. Sehingga petugas juga bisa lebih cepat mengambil tindakan,” kata dia.

Tags :
Kategori :

Terkait