Pelatihan Higiene Sanitasi

Senin 27-07-2020,11:14 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

DINKES menggelar pelatihan higiene sanitasi kepada 20 pemilik dan operator DAM.

Tanjung Redeb, Disway – Pelatihan atau kursus higiene sanitasi Depot Air Minum (DAM) digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau. Ada 20 peserta atau pemilik dan operator DAM, yang mengikutinya.

Kepala Dinkes Berau, Iswahyudi menyampaikan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemilik dan operator DAM terkait peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan DAM.

Termasuk juga kesehatan dan air serta jenis sumber maupun penyakit bawaan air.

“Tujuannya juga, untuk mengetahui persyaratan lokasi dan bangunan yang menjadi sarana sanitasi. Kegiatan ini juga sebagai pembinaan dan pengawasan pemerintah kepada para pengusaha DAM,” jelasnya.

Pelatihan ini dilakukan dengan metode melalui presentasi, pembahasan, masukan dan diskusi. Dengan menghadirkan narasumber dari Dinkes, Kepala UPTD Labkesda Berau, Ketua Asosiasi Depot Air Minum, dan dokter puskesmas.

“Pesertanya kita ambil dari pengusaha DAM yang ada di wilayah kerja puskesmas. Dan yang paling jauh itu dari Maratua, Talisayan dan Batu Putih,” ungkap Iswahyudi.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semakin memberikan pemahaman kepada pemilik DAM agar memenuhi syarat-syarat yang telah diberlakukan dalam menjalankan usaha pengelolaan air minum.

Karena Air Minum Isi Ulang (AMIU) ini merupakan pilihan umum masyarakat. Dan saat ini jumlahnya pun terus bertambah.

Tags :
Kategori :

Terkait