Peran BPK Penting di Kampung

Kamis 23-07-2020,10:31 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

ASISTEN I Setkab Berau, Datu Kesuma membuka pelatihan peningkatan kapasitas BPK tahun 2020.

Tanjung Redeb, Disway – Upaya meningkatkan kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) digelar pelatihan.

Kegiatan berlangsung selama dua hari penuh, mulai 22 hingga 23 Juli 2020 di Sekretariat Kabupaten Berau.

Pelatihan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas BPK di seluruh kampung.

Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir menyampaikan, BPK memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan pembangunan di kampung. Berbagai upaya pun dilakukan untuk semakin meningkatkan peran BPK di masing-masing kampung, mulai dari pemilihan hingga pelatihan dari pemerintah daerah.

“Dalam pelatihan ini, materi yang disampaikan terkait aturan hukum yang ada dalam menjalankan pemerintahan kampung. Sehingga BPK bisa mengetahui secara pasti apa saja aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan di setiap kampung,” jelasnya.

Lanjutnya, BPK dan kepala kampung harus saling bersinergi dan menciptakan hubungan kerja sama yang baik. Sehingga program yang akan dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan baik. Sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dalam membangun kampung.

Tentu saja, dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan peningkatan kapasitas BPK. “Dalam pelatihan ini kami bagi dua gelombang, hari ini dan besok. Diharapkan pelatihan ini bisa memberikan pemahaman kepada BPK untuk mengetahui tugas dan fungsinya dalam pembangunan kampung,” tegasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait