Teliti sebelum Membeli

Rabu 22-07-2020,14:41 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Tim Distanak secara rutin melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban yang dipasarkan.

Tanjung Redeb, Disway – Jelang Hari Raya Iduladha, tempat penjualan hewan kurban menjamur. Guna memastikan hewan yang dipasarkan memenuhi syarat sebagai hewan kurban, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) membentuk tim untuk pemantauan, dan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan.

Kepala Distanak Berau, Mustakim, melalui Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet, I Putu Setio mengungkapkan, tim yang dibentuk Distanak telah melakukan pemantauan di beberapa titik penjualan hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan secara fisik untuk memastikan hewan kurban yang dipasarkan telah memenuhi syarat sehat.

Kegiatan pemantauan masih terus berlanjut ke beberapa

titik. Tidak hanya saat penjualan, juga dilakukan saat kegiatan penyembelihan hewan kurban nantinya. “Kami sudah ke beberapa titik, dan masih ada beberapa tempat lagi yang akan didatangi,” jelasnya.

Pemeriksaan hewan kurban yang dipasarkan di Kabupaten Berau, disampaikan Putu juga, telah dilakukan secara bertahap. Hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan di daerah asal dan dilengkapi dengan dokumen pemeriksaan kesehatan.

Selanjutnya, melalui Balai Karantina juga telah dilakukan pemeriksaan saat tiba di Berau, dan kembali dilakukan pemeriksaan saat akan dipasarkan.

Selain melakukan pemantauan, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada pedagang terkait hewan yang sehat, termasuk dalam penjualan hewan kurban di masa pandemik COVID-19.

Tags :
Kategori :

Terkait