Memungkinkan, Siapa Calonnya?

Rabu 22-07-2020,09:25 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Grafis

Tanjung Redeb, Disway – Poros tengah di bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bumi Batiwakkal, masih memungkinkan terbentuk. Meskipun relatif kecil, setelah sejumlah partai politik bermanuver dan dikabarkan sudah berkoalisi.

Saat ini, sudah ada dua pasangan bakal calon kepala daerah yang hampir dipastikan bertarung di pesta demokrasi 9 Desember mendatang, yakni Seri Marawiah-Agus Tantomo. Mereka diusung Partai Golkar, NasDem, dan Hanura. Lalu, Muharram-Gamalis yang dijagokan PKS dan PPP. Belakangan, pasangan tersebut mengklaim telah mendapatkan tambahan kekuatan mesin partai pendukung.

Sebelumnya, PDIP dan Gerindra saling memberikan isyarat untuk berkoalisi di pilkada 2020, dengan membangun poros tengah dan membuka ruang komunikasi politik. Sementara PAN, Demokrat dan Gelora belum menentukan arah politik

Ketua DPD PAN Berau, Mulyadi menegaskan, hingga kini, partainya belum menentukan arah politik di pilkada Berau. Partai binaan Zulkifli Hasan ini, dikatakannya memiliki mekanisme tersendiri dalam menentukan sikap momen-momen politik, mulai pileg, pilkada hingga pilpres.

“Saya rasa semua partai sama, karena sudah menjadi aturan. Meski daerah dapat memberikan rekomendasi dukungan, tetap SK (surat keputusan) berada di pusat,” katanya saat berbincang dengan Disway Berau, Selasa (21/7) kemarin.

Apalagi, lanjut Mulyadi, kontestan politik belum bersifat final. Tidak menutup kemungkinan muncul calon alternatif. Mengingat, masih tersedia 9 kursi untuk membangun poros tengah, yakni seperti PDIP (3 kursi),

Demokrat (3 kursi), Gerindra (2 kursi) dan PAN (1 kursi). Hingga kini, empat partai politik belum menentukan arah dukungan politik di pilkada 2020.

“Politik sifatnya dinamis. Saya katakan hitungan detik dapat berubah, bukan hitungan hari atau bulan. Itulah alasan kami belum menentukan arah politik. Muncul poros tengah bisa saja terjadi,” jelasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait