Berikan UMKM Modal

Selasa 21-07-2020,10:28 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

PEMKAB Berau diminta memberikan bantuan modal kepada UMKM, dan menyiapkan payung hukumnya.

Tanjung Redeb,Disway – Pemberian modal kepada pedagang atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau ,Wendy Lie Jaya, dapat menjadi bekal untuk kemandirian.

Karena itu, ia menginginkan ada peran pemerintah. Misal, dengan membuatkan payung hukum seperti peraturan bupati. Sehingga, dapat mendukung peningkatan UMKM.

Peminjaman modal pun, kata dia, dapat berkelanjutan. Karena itu, dirinya menyarankan adanya regulasi yang mendidik, bijak dan jelas. Sebab, jangan sampai peminjaman modal malah memberatkan kepada pedagang.

Kata Wendy, dapat dibuat regulasi yang berbeda dengan peraturan dari Bank Indonesia. Misal, untuk pinjaman kredit diberikan tanpa jaminan yang memberatkan. Tetapi, modal yang diberikan pun harus seimbang dengan aturan yang mendidik.

“Bagusnya modal memang diserahkan pada yang memiliki usaha terlebih dahulu,” ujarnya, Senin (20/7).

Jika sudah diberikan modal, diharapkan UMKM bisa semakin berkembang, dan berinovasi terus. Sementara itu, pemberian modal dari pemerintah tidak boleh secara cuma-cuma, harus ada peninjauan potensi dan kesungguhan dari para pedagang.

“Segala sesuatunya harus berjalan dengan tegas, aman dan tertib. Harus juga saling menguntungkan satu sama lain,” ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait