Menteri ESDM Beri Apresiasi

Sabtu 18-07-2020,09:50 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

PERESMIAN proyek ketenagalistrikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kamis (16/7) lalu.

Jakarta , Disway – Proyek ketenagalistrik nasional, diresmikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Kamis (16/7). PT Berau Coal yang tergabung dalam Sinar Mas Group, juga berpartisipasi dalam peresmian yang dilakukan secara virtual itu.

Untuk diketahui, program tersebut, merupakan kerja bersama antara pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), dan pihak swasta dalam penyediaan listrik masyarakat. Khususnya di daerah 3T (terpencil, terdepan, dan tertinggal), serta penyediaan listrik untuk mendukung industri pengolahan mineral.

Adapun proyek-proyek ketenagalistrikan yang diresmikan, terdiri dari proyek pembangkit listrik, transmisi dan gardu induk PT PLN (Persero), serta komitmen pasokan listrik untuk industri smelter, program CSR kelistrikan Sinar Mas Group, dan program bantuan pasang baru listrik (BPBL) 450 volt ampere.

Proyek ketenagalistrikan tersebut, mencakup peningkatan akses dan keandalan pasokan listrik dalam rangka menuju rasio elektrifikasi 100%.

"Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, terus berkomitmen menyediakan pasokan energi yang cukup dan merata. Meskipun, saat ini, kita tengah berada pada masa adaptasi kebiasaan baru akibat pandemik virus COVID-19,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif.

“Selain itu, juga mendorong badan usaha, agar tetap menyediakan pasokan listrik yang cukup melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, sehingga aktivitas masyarakat yang bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah tidak terganggu," sambungnya.

Penyediaan listrik di seluruh pelosok Tanah Air, yang diukur dari peningkatan angka rasio elektrifikasi. Hingga April 2020, rasio elektrifikasi nasional mencapai angka 98,93%. Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi dapat mencapai angka 99,9% di akhir 2020 ini.

Tags :
Kategori :

Terkait