Transaksi Non Tunai Simda Dikembangkan

Jumat 17-07-2020,10:52 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

BPKAD Kabupaten Berau bekerjasama BPKP Kaltim menggelar bimtek pengembangan transaksi non tunai berbasis aplikasi Simda versi2.7.0.14 yang diikuti OPD di lingkungan Pemkab Berau sejak Kamis (16/7).

Tanjung Redeb, Disway – Sistem pengelolaan keuangan berbasis aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) untuk pengelolaan keuangan daerah, mulai berjalan.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Timur, kini tengah mengembangkannya.

Kamis (16/7), di Ruang Rapat Sangalaki Setkab Berau, digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) transaksi non tunai berbasis Aplikasi Simda versi 2.7.0.14. Bimtek dibuka Bupati Berau Muharram dan dihadiri Wakil Bupati Agus Tantomo, jajaran Asisten, perwakilan BPKP Kaltim dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Berau.

Kepala BPKAD Berau, Maulidiyah mengatakan, bimtek digelar selama dua hari guna lebih memantapkan implementasi transaksi non tunai berbasis aplikasi Simda yang telah dilaksanakan Pemkab Berau.

Transksi non tunai secara bertahap, dikatakan Maulidiyah, sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, berawal dari pembayaran gaji dan tunjangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan terus berlanjut ke beberapa transaksi non tunai lainnya. Pada tahun ini implementasi akan lebih ditingkatkan.

“Bimtek ini menghadirkan narasumber dari BPKP Kaltim serta dari Bankaltimtara yang mendukung dalam implementasi transaksi non tunai,” ungkapnya.

Sementara Bupati Berau, Muharram, dalam arahannya menegaskan implementasi transaksi non tunai didalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah sangat penting.

Karena ini adalah bagian dari upaya transparansi mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, serta lebih memudahkan dalam bekerja dan yang penting adalah memiliki sistem yang baik dalam pengelolaan keuangan daerah.

Tags :
Kategori :

Terkait