Pelabuhan Loktuan Dibuka Agustus, Penumpang Wajib Rapid Test

Kamis 16-07-2020,20:16 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

BONTANG, nomorsatukaltim -- Kementerian Perhubungan sudah lama membuka lagi pelabuhan di seantero negeri. Usai ditutup saat pandemi.

Tapi Pelabuhan Loktuan masih ditutup. Belum dibuka sampai sekarang. Pemkot waswas penumpang dari luar bawa virus SARS-Cov-2.

Tapi tak lama lagi Pelabuhan Loktuan kembali dibuka. Kembali melayani penumpang asal luar. Yang dari Pare-Pare. Atau dari Surabaya itu.

"Ini sudah new normal, kita sudah usulkan sejak lama agar dibuka," kata Kepala Dinas Perhubungan Kamilan saat dihubungi, Kamis (16/7).

Rencananya awal Agustus nanti Pelabuhan Loktuan beroperasi. Namun masih menunggu persetujuan wali kota Bontang.

Kamilan sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk penumpang. Selama new normal, penumpang wajib rapid test sebelum naik kapal.

Setiba di pelabuhan penumpang akan melalui protokol kesehatan. Disemprot disinfektan di pintu masuk pelabuhan. Yang dijaga puluhan petugas.

Mereka juga akan didata. Riwayat perjalanan dan tujuannya. "Ya kita terapkan protokol kesehatan tiap penumpang," kata Kamilan.

Rencana membuka pelabuhan ini tak semuanya setuju. Anggota dewan dari Fraksi Golkar NasDem, Faisal menolak.

Faisal memang tinggal tak jauh dari pelabuhan. Kurang dari 100 meter rumahnya dari Pelabuhan Loktuan.

"Kita minta supaya bisa ditelaah lagi lah, karena bisa membahayakan warga sekitar pelabuhan," sanggah Faisal beberapa waktu lalu. (wal/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait